Skip to main content

Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) Overview Part 1

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kali ini saya ingin membahas tentang EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) yang merupakah salah satu routing protocol proprietary Cisco, yang berarti routing protocol ini hanya bisa dijalankan pada router Cisco saja, meskipun saat ini kabarnya Cisco sudah menjadikan protocol ini sebagai open routing protol yang dapat di implementasikan di router selain Cisco, tapi sepertinya belum ada vendor lain yang menerapkan routing protocol EIGRP di produknya.

Kelebihan dari EIGRP yang utama adalah protocol ini menawarkan fitur backup route, dimana jika terjadi perubahan pada network, EIGRP tidak harus melakukan kalkulasi ulang untuk menentukan route terbaiknya karena dia bisa langsung memanfaatkan backup route yang dimiliki. Kalkulasi ulang akan terjadi jika backup route juga mengalami kegagalan .

Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki EIGRP:
  • Termasuk protocol routing distance vector tingkat lanjut (Advanced distance vector).
  • Waktu convergence yang cepat.
  • Mendukung VLSM dan subnet-subnet yang dis-contiguous (tidak bersebelahan/berurutan).
  • Partial update, tidak seperti RIP yang selalu mengirimkan keseluruhan tabel routing dalam pesan update, EIGRP menggunakan partial update atau triggered update yang berarti hanya mengirimkan update jika terjadi perubahan pada network.
  • Load balancing via jalur dengan cost equal dan unequal, yang berarti EIGRP dapat menggunakan 2 link atau lebih ke suatu network destination dengan koneksi bandwidth (cost metric) yang berbeda, dan melakukan load sharing pada link-link tersebut dengan beban yang sesuai dengan yang dimiliki oleh link masing-masing, dengan begini pemakaian bandwidth pada setiap link menjadi lebih efektif, karena link dengan bandwidth yang lebih kecil akan tetap digunakan dan dengan beban yang sepadan juga.
  • Pemilihan jalur terbaik menggunakan metric.
Contoh sederhana mengenai konfigurasi EIGRP dapat kita lihat di bawah ini:

Saya coba bahas di bagian konfigurasi EIGRP nya saja, untuk konfigurasi per interface saya anggap temen2 sudah pasti bisalah ya.
router eigrp 10
 network 1.1.1.1 0.0.0.0
 network 10.10.10.0 0.0.0.255
Bisa kita lihat diatas, konfigurasi intinya diatas hanya 3 baris itu saja dan yang terpenting adalah baris pertama "router eigrp 10". Angka 10 tersebut sebetulnya bebas kita set, angka tersebut biasa kita sebut AS (Autonomous System) angka ini haruslah sama di setiap router, jika tidak maka adjacency tidak akan terjadi. Jika ada router dengan beda AS maka akan ada beberapa cara yang harus dilakukan, Insya Allah kita bahas di lain waktu ya.

Kemudian di baris ke-2 dan ke-3 adalah network yang kita advertise diikuti dengan wildcard mask, jadi urutannya adalah
R1(config)#router eigrp [Autonomous system number 1-65535] // AS dari 1-65535
R1(config-router)#network [network number] [wild card bits]
Selanjutnya, informasi yang perlu kita tahu adalah:
  • Update Timer : 90 detik, nilai ini menunjukkan seberapa seringnya update dilakukan.
  • Invalid Timer : defaultnya 3x periode update yaitu 90*3 = 280 detik, angka ini menunjukkan berapa lama router harus menunggu sebelum menyatakan sebuah route tidak valid jika tidak menerima update.
  • Hold-down Timer : sama dengan Invalid Timer, defaultnya Invalid timer+10 detik = 290 detik.
  • Flush Timer : 7*90 = 630 detik sebelum sebuah route di buang dari routing table.
EIGRP memiliki metrik untuk menentukan jalur terbaiknya untuk mengirimkan paket yang disebut Diffusing Update Algorithm (DUAL).
  • Router-router IEGRP  memelihara sebuah copy dari router-router milik tetangga, yang digunakan untuk menghitung ”cost” untuk menyampaikan packet ke network-network remote (network-network yang bukan berada di lingkungannya…contoh…192.168.40.0 adalah network remote buat 192.168.20.0..simple..karena bukan di daerah 20.0)
  • jika router-router tetangga salah satu ada yang putus, maka router akan MEMERIKSA tentang ”adakah route cadangan yg lebih baik untuk kirimkan packet ??”
  • kalau tidak ada, maka router akan BERTANYA kepada router-router tetangga lainnya.
Dari gambar diatas, Router A menuju Router D link yang konek langsung ke D putus, maka router A akan bertanya ke router-router tetangganya untuk mendapatkan route terbaik menuju D. Router B dan C akan memberikan respon terhadap pertanyaan dari router A tersebut dan menginformasikan ke router A bahwa jarak menuju router D adalah sekian meter kalau melewati mereka terlebih dahulu. Kalau kita lihat digambar maka router A akan memilih menggunakan jalur dari router C lalu ke E baru ke D dari pada ke B nanti muter dulu ke F lalu ke E dan kemudian baru ke D. Inilah yang disebut dengan Diffusing (membaur) dari DUAL.

Terdapat 4 hal untuk menentukan siapa tetangga di router EIGRP.
  1. ACK (namanya tetangga jangan diem2 aja, say hello dong...)
  2. AS Number harus sama.
  3. Metric harus sama (Bandwidth, Delay, Reliability, Load, MTU).
  4. Authentikasi harus sama.
Nilai metric terendah akan dipilih oleh EIGRP dimana nilai ini didapatkan dari perhitungan K1...K5, namun secara default nilai metric EIGRP adalah BW (K1) dan Delay (K3) dan nilai K lainnya adalah 0.

Oke, sepertinya akan berlanjut di part ke 2 ya, karena ternyata banyak juga untuk teori protocol ini.
Terima kasih sudah berkenan mampir....

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Comments

Popular posts from this blog

Download Crystal Report For Visual Studio 2013

A ssalamu'alaikum ...... Mengawali hari pertama berpuasa di bulan ramadhan, saya ingin berbagi sedikit cerita kepada teman- teman pembaca setia blog saya. Cerita ini bermula dari saya yang mencoba untuk menggunakan VS2013 dan seperti yang diketahui banyak programmer bahwa VS2010-2013 sudah tidak include Crystal Report seperti pendahulunya , alhasil saya pun kerepotan karena tidak bisa design report di VS2013 ini. Sebelumnya saya menggunakan VS2010 dan dapat Crystal Report untuk VS2010 dengan download executable file nya dahulu kemudian install dan beres semua. Namun, sayang nya di VS2013 tidak berjalan mulus seperti di VS2010 . Tapi Alhamdulillah setelah berselancar cukup lama (lebay dikit lah), ketemu juga salah satu blog yang cukup terkenal milik Mas Pandjie dari blog tersebut saya download executable file untuk VS2013 tapi entah kenapa setelah selesai di install belum ada perubahan pada VS2013 saya. Saya pun kembali berselancar dan Alhamdulillah ketemu juga. Bagi temen-tem

Mensimulasikan Router Juniper Dengan GNS3 dan VirtualBox

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi. Sesuai dengan judul artikel ini, kali ini saya akan mencontohkan bagaimana supaya kita bisa mensimulasikan Juniper dengan bantuan GNS3 dan VirtualBox. Sebelum memulai, baiknya kita persiapkan terlebih dahulu semua tool yang dibutuhkan, berikut saya berikan link untuk download file-file yang perlu kalian persiapkan. Juniper JunOS Olive12.1R1.9 unduh disini . GNS3 unduh disini . VirtualBox unduh disini . Setelah semua sudah siap, dan tentunya GNS3 dan VirtualBox sudah terinstall di komputer kita ya, langkah selanjutnya bisa kita lihat di capture berikut. Buka VirtualBox, lalu masu

Program Sederhana Enkripsi dan Dekripsi Dengan VB.NET 2008

Assalamu'alaikum...... Marhaban ya Ramadhan, puasa hari ini sudah memasuki hari ke-4, Alhamdulillah...... sejauh ini masih lancar jaya. Sehabis saur pagi ini saya jadi kangen sama blog saya ini, mau nulis2 di blog....tapi bingung mau nulis apaan. Hemb......tiba2 aja saya teringat dengan materi kuliah "Keamanan Komputer" yang ngebahas masalah kriptografi, tapi saya tidak akan membahasnya disini. N ah hlo....terus apa dong yang mau dibahas di sini? Hemb.....sesuai judul tulisan saya kali ini, saya mau mencoba membuat program Enkripsi & Dekripsi dengan Visual Basic NET 2008, kali aja banyak diantara kalian yang lagi butuh kodingan ini. Yup langsung saja ke TKP. Pertama , kita desain dulu form aplikasinya, sebagai contoh bisa di lihat pada gambar dibawah ini : Gbr 1 Sumber Koleksi Pribadi  Properti yang saya setting pada form diatas adalah Label1 : Ganti properti TEXT dengan Password Label2 : Ganti properti TEXT dengan Enkripsi Label3 : Ganti properti TEXT