Skip to main content

Macam Class Koneksi di VB.Net 2008

Sumber Gambar
Pagi All .......
Bingung nih ane mau nulis apa di blog ini, udah lama juga gak nulis di blog ane. Dari pada kelamaan bingungnya mending ane informasiin aja beberapa class koneksi yang pernah ane dapet dan ane karang atau ane modif-modif dikit.

Ok gan langsung aja ke TKP gan 

Versi pertama :

Imports Microsoft.VisualBasic
Imports MySql.Data.MySqlClient
Public Class ClsKoneksi
    Protected tblUser = New DataTable
    Protected SQL As String
    Protected Cn As MySqlConnection
    Protected Cmd As MySqlCommand
    Protected Da As MySqlDataAdapter
    Protected Ds As DataSet
    Protected Dt As DataTable

    Public Function OpenConn() As Boolean
        Cn = New MySqlConnection("server=localhost; user id=root; password='root'; database=dbpenjualan")
        Cn.Open()
        If Cn.State <> ConnectionState.Open Then
            Return False
        Else
            Return True
        End If
    End Function
    Public Sub CloseConn()
        If Not IsNothing(Cn) Then
            Cn.Close()
            Cn = Nothing
        End If
    End Sub
    Public Function ExecuteQuery(ByVal Query As String) As DataTable
        If Not OpenConn() Then
            MsgBox("Koneksi Gagal..!!", MsgBoxStyle.Critical, "Access Failed")
            Return Nothing
            Exit Function
        End If

        Cmd = New MySqlCommand(Query, Cn)
        'Cmd = New OleDb.OleDbCommand(Query, Cn)
        'Da = New OleDb.OleDbDataAdapter
        Da = New MySqlDataAdapter
        Da.SelectCommand = Cmd

        Ds = New Data.DataSet
        Da.Fill(Ds)

        Dt = Ds.Tables(0)

        Return Dt

        Dt = Nothing
        Ds = Nothing
        Da = Nothing
        Cmd = Nothing

        CloseConn()

    End Function
    Public Sub ExecuteNonQuery(ByVal Query As String)
        If Not OpenConn() Then
            MsgBox("Koneksi Gagal..!!", MsgBoxStyle.Critical, "Access Failed..!!")
            Exit Sub
        End If

        Cmd = New MySqlCommand(Query, Cn)
        Cmd.Connection = Cn
        Cmd.CommandType = CommandType.Text
        Cmd.CommandText = Query
        Cmd.ExecuteNonQuery()
        Cmd = Nothing
        CloseConn()
    End Sub
End Class

Versi kedua :

Imports MySql.Data.MySqlClient
Imports MySql.Data
Module Konek
    Public Database As New MySqlConnection
    Public Tampilgbr As New MySqlCommand
    Public Tampilkangbr As MySqlDataReader
    Public Grid As New MySqlDataAdapter
    Public Ds As New DataSet
    Public Tabel As String
    Public record As New BindingSource

    Public DMLSql As New MySqlCommand
    Private con As MySqlConnection = Nothing

    Public Function ok() As MySqlConnection
        Dim constring As String
        constring = ";server=localhost" & ";user=root" & ";password=root" & ";database=dbpenjualan"
        Try
            con = New MySqlConnection(constring)
            con.Open()
        Catch ex As Exception
            MessageBox.Show(ex.Message, "Koneksi error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error)
        End Try
        Return con
    End Function

    Public Sub KoneksiDatabase()
        Try
            Database.Close()
            Database.ConnectionString = "server=localhost; user id=root; password='root'; database=dbpenjualan"
            Database.Open()
        Catch ex As Exception
            MsgBox(ex.ToString())
        End Try
    End Sub

End Module

Versi ketiga

Imports Microsoft.VisualBasic
Imports MySql.Data.MySqlClient

Module Module1
    Public conn As MySqlConnection
    Public da As MySqlDataAdapter
    Public ds As DataSet
    Public cmd As MySqlCommand
    Public rd As MySqlDataReader
    Public Str As String

    Public Sub Koneksi()
        Str = "server=localhost; user id=root; password='root'; database=dbpenjualan"
        conn = New MySqlConnection(Str)
        If conn.State = ConnectionState.Closed Then
            conn.Open()
        End If
    End Sub
End Module

Untuk implementasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan agan semua tergatung dari basis database yang digunakan (Access, SQL, MySQL dll) dan juga tergantung dari desain aplikasi yang agan buat.

Untuk fersi ke tiga dan kedua menggunakan Module VB Class sedangkan untuk fersi pertama menggunakan VB Class.

Maaf kata-katanya ancur2an gini gan, semoga bermanfaat aja and sampai ketemu lagi di artikel beriktunya!...

Comments

  1. kalau ada yang punya class connection selain yang ane tulis diatas bisa di share gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Popular posts from this blog

Download Crystal Report For Visual Studio 2013

A ssalamu'alaikum ...... Mengawali hari pertama berpuasa di bulan ramadhan, saya ingin berbagi sedikit cerita kepada teman- teman pembaca setia blog saya. Cerita ini bermula dari saya yang mencoba untuk menggunakan VS2013 dan seperti yang diketahui banyak programmer bahwa VS2010-2013 sudah tidak include Crystal Report seperti pendahulunya , alhasil saya pun kerepotan karena tidak bisa design report di VS2013 ini. Sebelumnya saya menggunakan VS2010 dan dapat Crystal Report untuk VS2010 dengan download executable file nya dahulu kemudian install dan beres semua. Namun, sayang nya di VS2013 tidak berjalan mulus seperti di VS2010 . Tapi Alhamdulillah setelah berselancar cukup lama (lebay dikit lah), ketemu juga salah satu blog yang cukup terkenal milik Mas Pandjie dari blog tersebut saya download executable file untuk VS2013 tapi entah kenapa setelah selesai di install belum ada perubahan pada VS2013 saya. Saya pun kembali berselancar dan Alhamdulillah ketemu juga. Bagi temen-tem

Program Sederhana Enkripsi dan Dekripsi Dengan VB.NET 2008

Assalamu'alaikum...... Marhaban ya Ramadhan, puasa hari ini sudah memasuki hari ke-4, Alhamdulillah...... sejauh ini masih lancar jaya. Sehabis saur pagi ini saya jadi kangen sama blog saya ini, mau nulis2 di blog....tapi bingung mau nulis apaan. Hemb......tiba2 aja saya teringat dengan materi kuliah "Keamanan Komputer" yang ngebahas masalah kriptografi, tapi saya tidak akan membahasnya disini. N ah hlo....terus apa dong yang mau dibahas di sini? Hemb.....sesuai judul tulisan saya kali ini, saya mau mencoba membuat program Enkripsi & Dekripsi dengan Visual Basic NET 2008, kali aja banyak diantara kalian yang lagi butuh kodingan ini. Yup langsung saja ke TKP. Pertama , kita desain dulu form aplikasinya, sebagai contoh bisa di lihat pada gambar dibawah ini : Gbr 1 Sumber Koleksi Pribadi  Properti yang saya setting pada form diatas adalah Label1 : Ganti properti TEXT dengan Password Label2 : Ganti properti TEXT dengan Enkripsi Label3 : Ganti properti TEXT

Mensimulasikan Router Juniper Dengan GNS3 dan VirtualBox

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi. Sesuai dengan judul artikel ini, kali ini saya akan mencontohkan bagaimana supaya kita bisa mensimulasikan Juniper dengan bantuan GNS3 dan VirtualBox. Sebelum memulai, baiknya kita persiapkan terlebih dahulu semua tool yang dibutuhkan, berikut saya berikan link untuk download file-file yang perlu kalian persiapkan. Juniper JunOS Olive12.1R1.9 unduh disini . GNS3 unduh disini . VirtualBox unduh disini . Setelah semua sudah siap, dan tentunya GNS3 dan VirtualBox sudah terinstall di komputer kita ya, langkah selanjutnya bisa kita lihat di capture berikut. Buka VirtualBox, lalu masu