Skip to main content

Vb.Net 2008 Form Penjualan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam satu jiwa kawan!
Ok, agan2 kali ini saya akan mencoba untuk berbagi masalah tugas yang diberikan oleh Pak. Anto dosen MK Pemrograman Visual, sebetulnya project kita sangat simpel dan mudah  di olah, hanya saja memang saya akui ada tingkat kesulitan tersendiri di beberapa bagian, berikut saya mencoba untuk menguraikan proses pengerjaan yang saya lakukan.

Langkah Pertama

Seperti biasa kita buat satu project baru dari menu Project > New Project dan seterusnya, karena sepertinya proses tersebut agan2 udah FAHAM betul bagaimana step by stepnya, kita asumsikan proses tersebut telah berjalan sukses dan telah jadi project yang dimaksudkan tadi.

Langkah Kedua

Form project kita setting seperti ini (ini hanya contoh saja) :

 

Langkah Ketiga

Untuk langkah berikut ini agan seperti biaya tinggal setting propertis dari setting design diatas, disesuaikan saja, OK!

Lamgkah Keempat

Selanjutnya download source codenya disini.
Tutorial lengkap ada disini.
emmmmb...........ok gan, kayaknya cukup itu aja yang perlu ane share, selanjutnya tinggal bagaimana agan2 berinprofisasi didunia programming aja, semoga tulisan ane ini bisa sedikit membantu agan2 semua!
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Comments

  1. Salam kenal mas Tain, saya mahasiswa mercusuar juga dan sedang mengerjakan tugas VB.NET 2008 dengan DB SQL yg dari Pak Anto juga. Saya dah sampai di form penjualan seperti yang mas Tain ajarkan, namun ada beberapa prosedur yang ingin saya terapkan, tapi belum ketemu2 juga solusinya, mungkin bisa dibantu,

    1. Saya ingin agar pada saat input item barang penjualan, barang tidak langsung tersimpan ke data base, tapi hanya ditampilkan di list view nya saja. Jika semua item sudah fix baru kita simpan transaksi tersebut dan baru mempengaruhi data stok dan penjualan.

    2. Saya ingin bisa tuk edit per item barang yg tampil di list view, jika ada kesalahan input.Bisa dihapus atau diedit tampilan yang ada di listview

    3. Jika item barang yang dijual ada ratusan, tentu kita kesulitan untuk menghapalnya. Nah saya ingin pada saat kursor focus di input kode barang di form penjualan, saya ingin pada saat di enter muncul form lain yang memuat form list barang yang ada lalu dalam form itu kita bisa cari dan jika sudah ketemu barang yang dimaksud lalu kita klik makan secara otomatis akan menjadi text pada txtkodebarang

    4. Pada tutorial yg mas Tian berikan, sepertinya prosedure cetak belum bekerja ya? mungkin bisa dilengkapi

    terima kasih mas atas bantuannya, oh iya mas Tian di kelas apa di Mercu? mungkin kita bisa copy darat tuk sharing, saya dikelas TI Malam bersama temen2 yg lain mo ngadain kelas extention tuk pendalaman materi pemrograman, mungkin mas Tian mo gabung

    ReplyDelete
  2. @Febriano BramantyoTnx Mas Febri

    Ide2nya bagus banget, ane sebelumnya belajar Delphi dan VB.6 di Delphi sangat mudah untuk melakukan trik nomor 3 seperti yang mas Febri tulis diatas. untuk di VB 2008, berhubung itu adalah tugas, jadi saya mengerjakan berdasakan logika yang digambarkan Dosen, selebihnya adalah sedikit tambahan yang saya tahu.

    Untuk kelas extention sudah lama berjalan. Setiap hari Minggu Jam 10 Pagi, saya dan kawan2 satu kelas dan juga kelas lain hadir untuk share di hari itu. Mungkin Mas Febri bisa gabung di hari minggu.

    Saya di kelas TI-A Malam.

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum mas,
    Selamat Salam kenal tain, saya mahasiswa stikom yang lagi ngerjain tugas VB.net,
    Mungkin problem saya sama dengan yang ditanyakan oleh mas febri khusunya yang nomer 1 dan nomer 3
    apakah mas tain bisa memberikan solusi atas pertnyaan tersebut? atau jika mas mau berbaik hati untuk menshare source code nya ?
    bisa dikirim ke email saya mas sapta.febri@gmail.com atau feril_377@yahoo.co.id
    terimakasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  4. @saptaWa'alaikumsalam mas,
    salam kenal juga mas, untuk point 1 saya belum coba sampai sekarang, tapi alternatifnya ketika ada order barang stok berkurang sejumlah item yg dipilih, tapi jika ada perubahan atau cancel maka stok di tambah sejumlah barang yg tadi diambil.

    Untuk point 3 sudah saya buat, tapi lebih simple dg bantuan GroupBox mas, jadi ketika focus kursor ada di txtKodebarang misalkan, kita enter maka akan muncul ListView (Melayang) dg daftar barang yg ada di database.

    Untuk request mas sapta akan saya coba bantu kirim, tapi follow dulu ya mas, hehehe promosi juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Popular posts from this blog

Download Crystal Report For Visual Studio 2013

A ssalamu'alaikum ...... Mengawali hari pertama berpuasa di bulan ramadhan, saya ingin berbagi sedikit cerita kepada teman- teman pembaca setia blog saya. Cerita ini bermula dari saya yang mencoba untuk menggunakan VS2013 dan seperti yang diketahui banyak programmer bahwa VS2010-2013 sudah tidak include Crystal Report seperti pendahulunya , alhasil saya pun kerepotan karena tidak bisa design report di VS2013 ini. Sebelumnya saya menggunakan VS2010 dan dapat Crystal Report untuk VS2010 dengan download executable file nya dahulu kemudian install dan beres semua. Namun, sayang nya di VS2013 tidak berjalan mulus seperti di VS2010 . Tapi Alhamdulillah setelah berselancar cukup lama (lebay dikit lah), ketemu juga salah satu blog yang cukup terkenal milik Mas Pandjie dari blog tersebut saya download executable file untuk VS2013 tapi entah kenapa setelah selesai di install belum ada perubahan pada VS2013 saya. Saya pun kembali berselancar dan Alhamdulillah ketemu juga. Bagi temen-tem

Program Sederhana Enkripsi dan Dekripsi Dengan VB.NET 2008

Assalamu'alaikum...... Marhaban ya Ramadhan, puasa hari ini sudah memasuki hari ke-4, Alhamdulillah...... sejauh ini masih lancar jaya. Sehabis saur pagi ini saya jadi kangen sama blog saya ini, mau nulis2 di blog....tapi bingung mau nulis apaan. Hemb......tiba2 aja saya teringat dengan materi kuliah "Keamanan Komputer" yang ngebahas masalah kriptografi, tapi saya tidak akan membahasnya disini. N ah hlo....terus apa dong yang mau dibahas di sini? Hemb.....sesuai judul tulisan saya kali ini, saya mau mencoba membuat program Enkripsi & Dekripsi dengan Visual Basic NET 2008, kali aja banyak diantara kalian yang lagi butuh kodingan ini. Yup langsung saja ke TKP. Pertama , kita desain dulu form aplikasinya, sebagai contoh bisa di lihat pada gambar dibawah ini : Gbr 1 Sumber Koleksi Pribadi  Properti yang saya setting pada form diatas adalah Label1 : Ganti properti TEXT dengan Password Label2 : Ganti properti TEXT dengan Enkripsi Label3 : Ganti properti TEXT

Mensimulasikan Router Juniper Dengan GNS3 dan VirtualBox

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi. Sesuai dengan judul artikel ini, kali ini saya akan mencontohkan bagaimana supaya kita bisa mensimulasikan Juniper dengan bantuan GNS3 dan VirtualBox. Sebelum memulai, baiknya kita persiapkan terlebih dahulu semua tool yang dibutuhkan, berikut saya berikan link untuk download file-file yang perlu kalian persiapkan. Juniper JunOS Olive12.1R1.9 unduh disini . GNS3 unduh disini . VirtualBox unduh disini . Setelah semua sudah siap, dan tentunya GNS3 dan VirtualBox sudah terinstall di komputer kita ya, langkah selanjutnya bisa kita lihat di capture berikut. Buka VirtualBox, lalu masu