Skip to main content

Membangun DNS Server dengan BIND Ubuntu 10.04 Server

Assalamu'alaikum......


Alhamdulillah sebentar lagi lebaran....ga terasa ternyata puasa 1 Bulan itu cepet banget yah. Dalam suasana berbahagia dibulan yang penuh berkah ini, saya mau mencoba berbagi langkah-langkah membangun DNS Server dengan Bind9. Artikel ini saya buat juga sebagai media pengingat saya, karena saya sendiri masih belum hafal sampai sekarang command line nya, hehehehe.......

Langsung saja untuk materi kali ini kita harus sudah menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut :

1. Linux OS Ubuntu 10.04 Server (boleh dengan distro linux lainnya)
2. Paket bind9, kalau kita menggunakan Ubuntu Server biasanya sudah include paket bind ini jadi tidak perlu lagi install paket ini di OS kita. Tapi jika kita menggunakan OS Linux Ubuntu Desktop kita harus install paket tersebut secara terpisah dengan mengetikkan command sebagai berikut

# sudo apt-get install bin9

3. Setelah paket bind terinstall, kita juga perlu install paket openSSH, biasanya kalau menggunakan ubuntu server sudah include didalamnya jadi tidak perlu repot2 lagi. Kalau yang belum ada OpenSSH di OS nya, coba ketikkan perintah dibawah ini di terminal linenya.

#sudo apt-get install openssh-server

Setelah semua paket-paket diatas terinstall langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi server DNS kita, berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke directory konfigurasi bind yang berada di directory /bind

#cd /etc/bind

2. Copy file db.local dan ganti namanya menjadi db.mas-tain.com (bisa diganti sesuai keperluan teman-teman)

#cp db.local db.mas-tain.com

3. Edit file db.mas-tain.com yang tadi kita buat hasil dari copyan file db.local dengan text editor kesayangan Anda.

#nano db.mas-tain.com

4. Edit isi dari db.mas-tain.com menjadi seperti dibawah ini, perhatikan penulisannya dengan baik :


;

; BIND data file for local loopback interface

;

$TTL 604800

@ IN SOA ns.mas-tain.com root.mas-tain.com. (

2 ; Serial

604800 ; Refresh

86400 ; Retry

2419200 ; Expire

604800 ) ; Negative Cache TTL

;

@ IN NS ns.mas-tain.com.

@ IN A 192.168.20.250 ; sesuaikan dengan IP server

ns IN A 192.168.20.250 ; sesuaikan dengan IP server

@ IN AAAA ::1

www IN CNAME ns ; mengaktifkan www.mas-tain.com

ftp IN CNAME ns ; mengaktifkan ftp.mas-tain.com


5. Copy kembali file db.mas-tain.com menjadi db.mas-tain.com.out, ingat ya.....di copy bukan di rename jangan sampai salah. Kemudian tambahkan satu baris perintah untuk pointernya seperti yang saya beri tanda bold.

;
; BIND data file for local loopback interface
;
$TTL 604800
@ IN SOA ns.mas-tain.com root.mas-tain.com. (
3
604800
86400
2419200
604800 )
;
@ IN NS ns.mas-tain.com.
100 IN PTR ns.mas-tain.com. ; Pointer
@ IN A 192.168.20.250
ns IN A 192.168.20.250
@ IN AAAA ::1
www IN CNAME ns
ftp IN CNAME ns


6. Selanjutnya edit file named.conf.local menjadi seperti dibawah ini :


// Do any local configuration here//

// Consider adding the 1918 zones here, if they are not used in your

// organization

//include "/etc/bind/zones.rfc1918";

zone "mas-tain.com" {

type master;

file "/etc/bind/db.mas-tain.com";

};

zone "20.168.192.in-addr.arpa" { //ini adalah IP Server kita yang ditulis terbalik

type master;

file "/etc/bind/db.mas-tain.com.out";

};

7. Kemudian kita edit file named.conf.options untuk mengatur DNS Fordwadersnya supaya ketika ada user yang request ke DNS Global maka akan dialihkan ke DNS yang kita buat.

options {

directory "/var/cache/bind";

// If there is a firewall between you and nameservers you want

// to talk to, you may need to fix the firewall to allow multiple

// ports to talk. See http://www.kb.cert.org/vuls/id/800113

// If your ISP provided one or more IP addresses for stable

// nameservers, you probably want to use them as forwarders.

// Uncomment the following block, and insert the addresses replacing

// the all-0's placeholder.

forwarders {

192.168.20.250; // Ini adalah IP Server kita

};

auth-nxdomain no; # conform to RFC1035

listen-on-v6 { any; };

};


8. Edit DNS Server Anda dengan edit file /etc/resolv.conf dengan text editor Anda, menjadi sebagai berikut :

#nano /etc/resolv.conf

search mas-tain.com
nameserver 192.168.20.250

9. Setelah konfigurasi diatas selesai di lakukan, langkah berikutnya adalah restart serveice bind9 Anda dengan command berikut :

#/etc/init.d/bind9 restart

10. Jika sukses maka Anda tinggal melakukan test baik dari server itu sendiri maupun dari sisi client. Ketikan perintah berikut di server DNS kita.

#dig [nama domain]

#dig mas-tain.com


Jika hasilnya seperti gambar dibawah, berarti settingan kita sudah benar :


Selanjutnya untuk sisi client tinggal setting DNS IP nya ke IP DNS kita, kemudian coba ping ke mas-tain.com maka hasilnya akan diarahkan ke IP DNS kita, seperti gambar berikut ini :


Oke, cukup sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat dan saya mohon maaf bila ada kata atau penjelasannya saya kurang jelas. Dan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini.

Wassalamu'alaikum......


Note : tanda "#" pada penulisan command tidak usah dituliskan kembali

Comments

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Popular posts from this blog

Download Crystal Report For Visual Studio 2013

A ssalamu'alaikum ...... Mengawali hari pertama berpuasa di bulan ramadhan, saya ingin berbagi sedikit cerita kepada teman- teman pembaca setia blog saya. Cerita ini bermula dari saya yang mencoba untuk menggunakan VS2013 dan seperti yang diketahui banyak programmer bahwa VS2010-2013 sudah tidak include Crystal Report seperti pendahulunya , alhasil saya pun kerepotan karena tidak bisa design report di VS2013 ini. Sebelumnya saya menggunakan VS2010 dan dapat Crystal Report untuk VS2010 dengan download executable file nya dahulu kemudian install dan beres semua. Namun, sayang nya di VS2013 tidak berjalan mulus seperti di VS2010 . Tapi Alhamdulillah setelah berselancar cukup lama (lebay dikit lah), ketemu juga salah satu blog yang cukup terkenal milik Mas Pandjie dari blog tersebut saya download executable file untuk VS2013 tapi entah kenapa setelah selesai di install belum ada perubahan pada VS2013 saya. Saya pun kembali berselancar dan Alhamdulillah ketemu juga. Bagi temen-tem

Program Sederhana Enkripsi dan Dekripsi Dengan VB.NET 2008

Assalamu'alaikum...... Marhaban ya Ramadhan, puasa hari ini sudah memasuki hari ke-4, Alhamdulillah...... sejauh ini masih lancar jaya. Sehabis saur pagi ini saya jadi kangen sama blog saya ini, mau nulis2 di blog....tapi bingung mau nulis apaan. Hemb......tiba2 aja saya teringat dengan materi kuliah "Keamanan Komputer" yang ngebahas masalah kriptografi, tapi saya tidak akan membahasnya disini. N ah hlo....terus apa dong yang mau dibahas di sini? Hemb.....sesuai judul tulisan saya kali ini, saya mau mencoba membuat program Enkripsi & Dekripsi dengan Visual Basic NET 2008, kali aja banyak diantara kalian yang lagi butuh kodingan ini. Yup langsung saja ke TKP. Pertama , kita desain dulu form aplikasinya, sebagai contoh bisa di lihat pada gambar dibawah ini : Gbr 1 Sumber Koleksi Pribadi  Properti yang saya setting pada form diatas adalah Label1 : Ganti properti TEXT dengan Password Label2 : Ganti properti TEXT dengan Enkripsi Label3 : Ganti properti TEXT

Mensimulasikan Router Juniper Dengan GNS3 dan VirtualBox

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi. Sesuai dengan judul artikel ini, kali ini saya akan mencontohkan bagaimana supaya kita bisa mensimulasikan Juniper dengan bantuan GNS3 dan VirtualBox. Sebelum memulai, baiknya kita persiapkan terlebih dahulu semua tool yang dibutuhkan, berikut saya berikan link untuk download file-file yang perlu kalian persiapkan. Juniper JunOS Olive12.1R1.9 unduh disini . GNS3 unduh disini . VirtualBox unduh disini . Setelah semua sudah siap, dan tentunya GNS3 dan VirtualBox sudah terinstall di komputer kita ya, langkah selanjutnya bisa kita lihat di capture berikut. Buka VirtualBox, lalu masu